Selasa, 20 November 2012

Semula Pemerintah berencana mempublikasikan Kisi-kisi UN 2013 pada bulan Oktober. Namun karena alasan penyempurnaan jadwal sosialisasi Kisi-kisi UN 2013 tersebut dimundurkan ke bulan November 2012. Draft Kisi-kisi soal Ujian Nasional (UN) 2013 masih dibuat oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Sehingga rencana sosialisasi kisi-kisi UN 2013 yang ditargetkan dilakukan bulan ini diundur hingga bulan November. Ketua BSNP, Aman Wirakartakusumah, mengatakan, kisi-kisi ini ditargetkan selesai pada pekan kedua atau pekan ketiga bulan November untuk selanjutnya segera disosialisasikan ke sekolah-sekolah sehingga para guru dapat fokus mempersiapkan anak didiknya. Kisi-kisi UN 2013 tersebut bisa download nantinya di situs pendidikan ini. Rencana pemerintah untuk membuat 20 variasi / paket soal ujian nasional (UN) untuk setiap mata pelajaran di setiap ruang ujian, memerlukan persiapan khusus. Persiapan tersebut diantaranya Pemerintah yang diwakili oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) masih terus menyempurnakannya. Dengan berbekal kisi-kisi tersebut, calon peserta UN bisa lebih dini mempersiapkan diri, juga para guru pembimbing akan memberikan arahan secepatnya dengan mengacu pada kisi-kisi yang dibuat Kemdikbud dan Bnsp tersebut.
Pada tanggal 14 September Kabalitbang Kemendikbud Khairil Anwar Notodiputro di Jakarta menjelaskan bahwa pihaknya sudah menyelesaikan pembuatan draf kisi-kisi soal UN, terutama untuk SMA sederajat. Beliau menjelaskan bahwa draf kisi-kisi soal itu harus lebih dulu dilaporkan ke Badan Standardisasi Nasional Pendidikan (BSNP). Setelah mendapat pengesahan dari BSNP, baru kisi-kisi ini dilansir atau disebarkan ke masyarakat. Sehingga bisa dimanfaatkan para guru dan siswa jelang menghadapi UN tahun 2013.
Biasanya kisi-kisi soal UN baru diumumkan menjelang akhir tahun. Tahun 2011 kisi-kisi baru dikeluarkan akhir November. Sedangkan untuk kisi-kisi soal UN 2013, Pemerintah yang semula menargetkan sudah bisa diumumkan kepada masyarakat pada bulan Oktober, dirubah menjadi minggu ketiga bulan November.
Adapun kisi-kisi soal UN ini disebar ke masyakarat dalam bentuk uraian. Contohnya untuk mata pelajaran matematika, ada kisi-kisi yang bunyinya mencari akar persamaan kuadrat. Kisi-kisi tidak disebarkan ke masyarakat dalam bentuk butir-butir soal ujian layaknya seperti di lembar soal unas. Dengan memanfaatkan kisi-kisi soal UN 2013, para guru maupun siswa bisa fokus dalam belajar. Pada guru diharapkan bisa membuat soal-soal latihan menjelang UN melalui kisi-kisi tersebut.
Berikut kami sampaikan kisi-kisi UN lengkap yang bisa Anda download dari situs pendidikan ini. Tentunya sambil menunggu kisi-kisi UN 2013 terbit dan akan secepatnya kami sosialisasikan.

Kisi-kisi UN 2011


  1. Download Kisi-kisi UN SD / MI

  2. Download Kisi-kisi UN SMP / MTs, UN SMK, dan UN SMA / MA

  3. Download Kisi-kisi UN Paket

Kisi-kisi UN 2012




  1. Download Kisi-kisi UN SD / MI

  2. Download Kisi-kisi UN SMP / MTs, UN SMK, dan UN SMA / MA

  3. Download Kisi-kisi UN Paket
Ketua BSNP, Aman Wirakartakusumah juga mengatakan bulan November kisi-kisi UN 2013 dipastikan akan selesai. Tahun lalu juga pada akhir November. Tetapi dari tahun lalu tidak bergeser banyak, demikian ungkapnya. Kisi-kisi UN 2013 pembuatannya juga didasarkan dan dikembangkan pada kurikulum yang tengah diajarkan guru pada anak didiknya. Untuk itu, pendalaman materi bagi anak didik sebenarnya dapat dilakukan tanpa menunggu kisi-kisi. Tidak hanya itu, sekolah juga bisa memanfaatkan hasil evaluasi dan kajian penyerapan pelaksanaan UN pada tahun lalu. Dari evaluasi dan kajian tersebut, digambarkan secara jelas penyerapan masing-masing mata pelajaran.
Sebagai tambahan bahwa kisi-kisi soal UN yang disebar ke masyarakat nantinya juga menjadi dasar bagi tim pembuat soal. Saat menyiapkan butir-butir soal UN, seluruh anggota tim pembuat soal nantinya wajib merujuk pada kisi-kisi soal tersebut. Nah bagi anda calon peserta UN, kami menyarankan sebaiknya anda nantinya mempelajari substansi dari kisi-kisi tersebut dan belajar dengan berbasis kisi-kisi. Disamping itu harap difahami juga Pos UN-nya. Semoga bermanfaat! Amin Yaa Rabbal Alamin!

0 komentar:

Posting Komentar

Trending Topic

ahmancreativ7.blogspot.com. Diberdayakan oleh Blogger.